Es Degan Durian (ES DEG DUR) Khas Jombang, Segar dan Melegakan

Membicarakan kuliner di Jombang tak ada habisnya. Setiap sudut menyajikan makanan yang berbeda dan semuanya menggugah selera. Sate Kambing Ringin Contong, Jenang Kupas, Pecel Rengkek dan Segi Kikil barangkali akrab di telinga para penggemar kuliner khas Kota Santri ini. Namun, ada satu menu lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu Es Degan Durian atau disingkat ES DEG DUR.

Seperti namanya, es ini dibuat dari bahan dasar degan atau kelapa muda yang dipadu dengan durian. Cita rasa yang dihasilkan dari pepaduan dua buah berbeda trah tersebut diklaim banyak pecinta kuliner, lebih jos. Tak hanya melegakan dan menyegarkan, tetapi minuman itu juga dipercaya mampu meningkatkan stamina.

Selain degan dan durian, biasanya isia es juga ditambah dengan alpukat yang dicacah kecil. Beberapa pedagang juga menambahkan cincau di dalamnya. Untuk menambah legitnya rasa es, di dalamnya juga turut dituangkan susu kental manis.

Minuman ini mudah kini ditemukan di pinggir-pinggir jalan di Jombang. Para pedagang menjajakan es dug der dengan gerobak yang khas. Namun, pada awalnya es degdur dipelopori oleh Mulyadi sekitar tahun 2011 lalu. Ide itu muncul karena dagangannya berupa es degan yang dijajakan di tepi Jalan Gus Dur kurang laris. Ia pun lantas memikirikan sebuah inovasi menu es degan. Eksperimen pun terus dilakukan hingga akhirnya tercipta es dug der ini. Racikan es barunya ini rupanya terbukti laris manis. Banyak orang bahkan turut berjualan komoditas serupa.

Demikian banyaknya pedagang yang menjajakan es ini, sampai-sampai ada paguyuban khusus yang mewadahinya. Paguyuban penjual es kelapa muda ini bisa ditemui di Jalan Wachid Hasyim, tak jauh dari alun-alun dan Kampus Universitas Darul Ulum.

Demikian sekelumit cerita tentang es degan durian atau es dug der khas Jombang. Anda yang kebetulan sedang berpiknik ke kabupaten berjargon Jombang Beriman ini, cobalah untuk menikmati kesegaran es dug der. Harganya tak mahal, hanya dengan merogoh kocek beberapa ribu rupiah saja, segelas es dug der nan segar bisa melenyapkan dahaga Anda. (y)